Mengatasi Gagal Login WordPress Setelah Restore Database

Gagal login wordpress setelah restore database sering kang erik alami terutama jika kang erik merestore database tersebut pada domain baru secara manual menggunakan mysql dump. Hal ini disebabkan bukan karena salah password atau salah username, akan tetapi karena kesalahan url atau domain yang yang terdapat pada pengaturan (settings) web terdahulu yang mana settingan url domain terdahulu tersebut tetap digunakan disettingan domain baru.

Ciri error login seperti ini adalah apabila domain lama sudah tidak tidak aktif atau sudah berganti database, maka agan sista tidak akan bisa mengakses halaman admin wordpress sama sekali dan tidak akan bisa mereset password. Sedangkan jika domain lama masih aktif dan belum ganti database, maka akan otomatis redirect ke halaman admin domain lama. Oleh karena itulah,  masalah gagal login seperti ini dikenal pula dengan masalah halaman login redirect.

gagal login wordpress

Masalah seperti ini terbilang cukup serius, karena dengan tidak bisanya membuka halaman admin wordpress, agan sista tentu akan sulit mengatur website agan sista sendiri dari mulai posting artikel baru, page baru, menambah kategori artikel, install plugins, install themes, upload file, edit theme, edit profil dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal semacam ini, kang erik sudah coba berbagai macam cara dari mulai mengecek plugins yang terinstall, cek permission, coba reset password dan sebagainya. Akan tetapi kesemua cara tersebut ternyata tidak membuahkan hasil, sampai akhirnya kang erik gunakan cara berikut:

  • Buka/edit file wp-config.php
  • Tambahkan contoh 2 baris berikut kedalam file wp-config.php
    define('WP_HOME','http://example.com');
    define('WP_SITEURL','http://example.com');
  • Jangan lupa ganti http://example.com dengan url domain baru agan sista mislanya http://www.kangerik.com.
  • Jika sudah, silahkan save dan coba login kembali.

Seharusnya masalah gagal login wordpress setelah restore database tersebut dapat diatasi dengan cara diatas. Namun jika ternyata dengan cara tersebut penyakitnya belum kunjung sembuh, silahkan agan sista kunjungi saja wordpress.org .

Tags: