Mengatasi Gagal Install WordPress di Easyengine

Beberapa minggu lalu teman kang erik mengeluhkan adanya masalah gagal install wordpress di easyengine dengan pesan error Downloading WordPress [Fail] etc. Awalnya kang erik tidak terlalu percaya karena sebelumnya kang erik install wordpress menggunakan easyengine masih lancar-lancar saja. Namun belakangan ketika kang erik coba menginstall wordpress untuk situs baru, barulah kang erik percaya seratus persen bahwa easyengine sedang mengalami masalah dalam menginstall situs wordpress.

Ya, masalah ini hanya terjadi saat menginstall situs berbasis wordpress saja. Jika agan sista hanya ingin membuat situs berbasis html, php atau lainnya sih tidak akan terkena peringatan error tersebut. Ini sudah kang erik buktikan sendiri dengan mencoba menginstall beberapa situs subdomain berbasis html.

Adapun pesan error yang ditampilkan saat mencoba install wordpress untuk blog baru kang erik tersebut adalah seperti berikut ini:

mengatasi masalah error install wordpress easyengine

Downloading WordPress [Fail] easyengine

 Downloading WordPress [Fail]
 Oops Something went wrong !!
 Calling cleanup actions ...
 'ee_mysql_grant_host'

Dari sana sebenarnya sudah bisa terbaca bahwa ada yang salah dengan proses download/ekstrak file wordpress, tapi tetap kang erik masih bingung, kira-kira salahnya disebelah mana. Oleh karenanya kang erik coba cari-cari di forum easyengine dan akhirnya menemukan sebuah solusi yang sangat manjur.

Adapun solusi untuk mengatasi gagal Install WordPress di easyengine tersebut adalah sebagai berikut:

  • Login ke VPS agan siste seperti biasa masukkan username dan passwordnya.
  • Update WP-CLI ke nightly build. Perintahnya:
    sudo wp --allow-root cli update --nightly
  • Paksa WP-CLI untuk mendownload WordPress versi 4.8.1 caranya silahkan jalankan perintah dibawah sekaligus untuk membuat file config.yml yang akan menggantikan defaultnya WP-CLI :
    cat < ~/.wp-cli/config.yml
    core download:
    version: 4.8.1
    EOF
  • Setelah itu silahkan coba kembali menginstall wordpress dengan command yang biasa digunakan di easyeangine yaitu :
    sudo ee site create example.com --wp

    Lebih lanjut mengenai cara menggunakan easyengine dapat dilihat di artikel cara install easyengine di ubuntu dan debian.

Sepengalaman kang erik, dengan menggunakan cara tersebut diatas, error install wordpress di easyengine dapat ditangani dengan baik. Namun jika errornya di VPS agan sista masih belum berhasil ditangani dengan baik, sebaiknya silahkan kunjungi halaman community support easyengine. Disana biasanya banyak orang yang lebih expert yang dapat membantu menyelesaikan masalah error easyengine agan sista.