Mengatasi Error Install Plugin WordPress Unpacking The Package

Mengatasi error install plugin wordpress dengan pesan unpacking the package, could not create directory, plugin install failed adalah dengan merubah permissions folder plugins dan upgrade. Jika agan sista juga mengalami gagal atau error saat menginstall themes atau mengupload file, maka agan sista juga harus merubah permisssions folder themes dan uploads sekalian. Folder-folder tersebut biasanya berada di dalam wp-content.

Masalah seperti ini biasanya sering muncul bagi yang install wordpress di VPS secara manual. Entah karena lupa belum setting permissionsnya atau memang masih belum memahaminya sama sekali. Meskipun demikian, ada kalanya hal semacam ini terjadi pula pada hosting dan VPS yang menggunakan panel.

mengatasi error install plugin wordpress

Khusus bagi agan sista yang menggunakan VPS debian, ubuntu dan sejenisnya, berikut adalah tahapan-tahapan mudah untuk mengatasi masalah error pada saat install plugin wordpress tersebut:

Catatan : Bagi yang menggunakan VPS Centos, Redhat dan sejenisnya, silahkan disesuaikan saja. Saya kira caranya sama saja, tapi mohon maaf kang erik belum mencoba cara ini di Centos atau Redhat dkk, karena kang erik sudah lama tidak pernah menggunakannya lagi.

  • Masuk ke direktori webroot situs wordpress agan sista. Bagi yang menggunakan atau sudah install easyengine, silahkan masuk ke /var/www/domain.com/htdocs/
     cd /var/www/domain.com/htdocs/
  • Masuk ke /wp-content/
     cd wp-content
  • Rubah permissions ke 777 pada folder plugins, themes dan upgrade.
    chmod a+w plugins
    chmod a+w upgrade
    chmod a+w themes

    Beberapa plugins seperti w3 total cacahe biasanya meminta agan sista untuk merubah permission di folder-folder lainnya. Silahkan agan sista sesuaikan saja permintaan tersebut dengan perintah seperti diatas.

  • Jika anda juga mengalami masalah / error saat upload file, baik gambar, video atau format file lainnya, silahkan lakukan hal yang sama pada folder uploads.
    chmod a+w uploads

Demikianlah cara mudah mengatasi error install plugin wordpress unpacking the package, could not create directory yang dapat kang erik sampaikan. Intinya untuk mengatasinya tinggal rubah permissions folder pluginsnya saja. Saran dari kang erik, ada baiknya jika permissions folder tersebut dikembalikan kesemula sesaat setelah selesai install plugins. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko keamanan pada website anda, karena direkrori folder dengan permissions 777 rawan dijadikan sasaran orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Tags: